Hujan – Berkah atau Musibah?


Sebenarnya belakangan ini sudah mulai jarang turun hujan. Tapi, hari ini entah kenapa turun hujan yang besar sekali dan cukup lama di daerah rumahku. Hal ini membuatku ingin bercerita sedikit..

Dulu, waktu aku masih kecil (mungkin blm sekolah atau masih TK.. tahun 90an awal), aku suka sekali kalau hujan. Entah bagaimana, tapi bau hujan dan udara yang sejuk membuat suasana terasa menyenangkan sekali. Mungkin di kehidupan lampau, aku adalah orang yang banyak berurusan dengan hujan, kali? Haha..

Ketika mulai agak besar (mungkin skitar SD akhir atau SMP.. skitar tahun 2000an awal), perasaan seperti itu mulai hilang, tapi aku masih suka hujan. Biasanya, ketika hujan, aku suka naik ke lantai paling atas rumahku dan merenungkan segala sesuatu tentang kehidupan ini.. Ya, mungkin pemikiran yang cukup aneh untuk anak seumurku saat itu.

Biasanya aku akan berdiri sambil menyenderkan tanganku ke pagar, dan melihat ke luar.. Melihat rumah2, melihat langit, dan juga melihat hujan, ataupun melihat tanaman yang basah terkena hujan. Rasanya tenang sekali. Dan ketika masuk kembali ke dalam rumah (Lantai rumah yang paling atas itu utk jemur baju dan tanam bbrp tanaman), aku suka mengibaratkan dengan “berjalan dari kesejukan alam menuju kehangatan rumah”, karena waktu turun ke bawah, udara akan terasa hangat.

Namun, sekarang ini suasana lebih terasa berbeda.. mungkin sejak banjir besar yang melanda Jakarta di awal tahun 2000an. Sejak itu, walaupun aku masih sering melakukan hal ini, tapi sudah mulai jarang. Dan seringkali timbul perasaan was-was dan takut banjir akan terjadi kembali.

Daerah rumahku juga mulai berubah, kalau dulu rumah kami termasuk cukup tinggi, sekarang ini tetangga2ku, baik tetangga yang lama ataupun yang baru pindah, sudah banyak yang meninggikan rumah, membuat rumah kami menjadi terasa kecil. Sirkulasi udara dan cahaya pun tertutup oleh tembok tetangga, dan sudut pandang ketika berada di lantai atas pun menjadi jauh berkurang karena rumah tetangga.

Terkadang terasa cukup ironis, karena kami belum memiliki cukup uang untuk mengubah rumah yang setengah tembok dan setengah bilik ini menjadi rumah yang lebih bagus ataupun untuk membeli rumah di tempat lain.

Banyaknya populasi masyarakat di daerahku pun makin lama makin meningkat. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan sering terjadi banjir di daerah ini. Apalagi salah satu tetanggaku juga merupakan tukang sablon, yang sering kurasa mengganggu dengan suara ketika membersihkan bahan sablon dengan air (termasuk skarang, saat aku menulis blog ini – Kamis, 5 Maret 2009 jam16.40an).

Kembali pada kejadian hari ini, tadi jam3an hujan deras disini. Dan sekarang ini sudah terbiasa sekali jika mendengar suara hujan, maka kami akan langsung merasa was-was dan mengawasi segala penjuru untuk mencari kalau2 ada yang bocor. Tapi karena hujannya lalu bertambah deras dan tidak berhenti2, maka mulai timbullah 1 ketakutan yang sekarang ini juga sering sekali terjadi.. banjir. Ketika aku memandang keluar dari pintu rumahku, dapat terdengar suara2 dari bbrp tetangga yang ribut entah mungkin karena bocor atau karena air sudah masuk rumah (termasuk di dalam rumahku sendiri). Dapat terlihat juga bbrp kecoa yang naik ke tembok2 rumah orang karena jalanan dan bbrp rumah sudah tergenang air.

Rumah kami sendiri boleh dikatakan sudah cukup dekat dengan masuknya air, namun masih beruntung karena bagian depan rumah agak tinggi, maka air tidak masuk sampai hujan mereda.

Ya, hujan yang dulu terasa seperti berkah bagiku, sekarang ini seringkali terasa seperti musibah yang akan melanda.. Entah sudah berapa banyak rumah dan daerah yang terlanda banjir karena hujan hari ini.

Hujan.. tetap sama dari jutaan tahun yang lalu.. tapi, lingkungan berubah.. menimbulkan persepsi yang berbeda pada diri kita.. Kuharap suatu hari, aku akan mampu merasa nyaman kembali dengan hujan deras..

~ by desmaster on March 5, 2009.

3 Responses to “Hujan – Berkah atau Musibah?”

  1. besmen emang beda…

  2. hmmmm… Ooom D*****… mending u ganti judulnya jadi: “Hujan – Banjir atau Badai?” soalnya udah bbrp mgg ini sering terjadi Badai melanda kota2 besar di Jawa… ati2 aja terbang ketiup angin badai man… wkwkkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: