Tanya Jawab Tentang Skripsi ~ Mari Kita Jadi Sarjana!


Hi semuaaa.. mengingat belakangan ini pembaca blog gue rameeee bgt di bagian sidang skripsi (tercatat 28 jan 2010 ada 649 pengunjung, dan tgl 29 jan 2010 ada 636 n masih bs naik), jadi gue pikir2 OK jg nich kl buat tulisan yg 1 ini. Jadi di sini kalian semua boleh tanya apaaaa aja yg berhubungan sama skripsi. ( tentunya diutamakan buat anak2 fasilkom Binus, terutama yg mau sidang. Tp kl yg laen mau tanya jg gpp).

Nanti gue bakal coba jawab sebisanya. hehe. Kl bisa bantu kan lumayan. Kl ga bisa.. ya brarti Anda kurang beruntung.. wkwkwk..

Jadi silakan tanyakan apa aja yg mau ditanya di sini.🙂

~ by desmaster on January 29, 2010.

51 Responses to “Tanya Jawab Tentang Skripsi ~ Mari Kita Jadi Sarjana!”

  1. wkwwkwk99X…
    bnran d tulis., =))

    ntar siap2 g gangguin lg y, Ko.,
    hr ini g mw kenyang2in nonton sidang.,
    trus bantai2an sm tmn g, spt saran u.,
    hahaha99X.. :))

    semoga nanti sidang g lancar.,
    sadhu3X… _/\_

  2. haiiii….
    thanks blognya amat2 membantu buat gambaran..hahha…
    tgl 1 gue sidang nih, wish me luck ya! laporan dari gue nih ari topik Knowledge Management ada yg disidang ama Win Ce, ga lulus 2 kelompok!

    • sip dah.. cepet lulus u.. wkwkkw..

      turut berduka buat yg ga lulus :p yg nyidanginnya emang yg mantab punya sich. hehehe..

  3. Tanya dong, apakah yang berhubungan dengan tujuan di bab 1 harus menjadi judul skripsi?? g kan bikin game, terus di bab 1 tu dui bagian tujuan tu merancang game blablabla dgn tema blablabla..nah apakah tema trsebut harus menjadi bagian dari judul skripsi??

    Jadi judul skrispi g tuh cm analisis dan perancangan game blablablabla berbasis blablabla..

    • hmmmm… ga da aturan yg menyatakan ‘harus’ sich, tp biasanya emang intinya kan disitu, n inti itu ya jd judul donk..

  4. Ada ide ato masukan harus jawab apa gk bro klo itu dipermasalahin??hehe..

    • hmmmmm… hrsnya sich kl judul skripsi masukin tema mah ga masalah. Bilang aja biar jelas buatnya apa.. wkwkw.. ato pikirin aja jawaban yg lebih ok, bingung jg gue.. gue cm jago tanya, ga jago jawab kwkwkwkw.. :p

  5. wow.. ampe dibuka thread buat bertanya.. Mantap!!🙂

    • jiaakka ngga la.. uda sepi :p skrg pembaca per hari nya cuma 100an… n kayanya bakal turun terus nich.. sampe musim sidang semester depan.. wkwkwkw..

  6. Celaka ini, gw sidang senin besok, pagi, diawal musim sidang.. baca 50 pertanyaan dan ciri2 dosen penguji.. jadi kecil nih nyali gw.. tapi ya jadi gambaran juga kira- kira dosen penguji mau tanya apa, gw jadi nyiapin jawaban2 untuk penangkal petir2 dari dosen nih hehehe thanks ya blog nya…..

  7. […] Tanya Jawab Tentang Skripsi ~ Mari Kita Jadi Sarjana! January 2010 12 comments 4 […]

  8. tlg solusinya ya gan..mau tanya tentang model incremental, langkah2 yg harus dilakukan apa saja ya n kalo ada tlg donk kasi paper lengkap tentang model incremental..thx a lot gan

  9. Gua skripsi non-class jurusan SI-MN… setelah nunggu ampir satu bulan lamanya tanpa nyentuh skripsi malah nyentuh game akhirnya jadwal sidang keluar… 😀

    Jadwal sidang non-class kali ini seru2… uda bikin skripsinya sendiri, pas grup sidang isinya 4 orang dan pas gua ntar tanggal 12 Maret grup gua topiknya beda smua… itu menguntungkan ato merugikan ya bro menurut lo? :p

    Topik gua e-commerce nih… Lagi bingung juga apakah OOAD itu harus ada dalam e-commerce apa ngga ya…😀

    • hoho kl topik beda2 mah kayanya ga gitu ngaruh bro.. soalnya kl jurusan ganda itu dosen penguji 2 org, 1 nguji dari SI, 1 nguji dr MN, dan dr pengalaman gue ntn dl sich, yg nyidang itu bukan dosen2 biasa, kmungkinan kajur ato org2 penting laennya dech. Jadi kayanya ga ngaruh biarpun topik sama ato beda.

      Kl OOAD itu mah setau gue tergantung sistem u, pake object oriented ga? kl pake ya pake, kl ga pake ya kaga. CMIIW.

      • Temen gua ada 2 orang lagi yang bikin e-commerce dan ngga pake OOAD kayak class diagram dan sequence dalam pembuatan skripsinya, hanya ngikutin urutan pembuatan e-commerce dari suhu si rayport jaworski hahaha… dan denger2 yang nyidang gua ntar pak suprapto… wah mantap dah! siap2 sidang kedua ni gua hahaha…

      • hoho.. wah jgn blm apa2 uda siap2 sidang kedua wkwkww.. bljr yg bener biar lulus sidang ke 1, soalnya kdng2 sidang kedua dosennya jg ada yg sama kaya sidang ke 1 jd jgn terlalu berharap sama dosen hoho

  10. gw nanya donk ,, pass sidang itu kita cuma presentasi silde ato program kita juga kita demo in? gw lg skripsi nih bro dan kyknya krg yakin program bisa jadi 100%

    • Slide itu pasti. Kl program itu tergantung.. kl emang program kita beda n menarik bs jd diminta demoin. Atau setidaknya bikin video ttg jalannya program. Kl utk urusan demo, itu sebenarnya perlu pinter2nya u jg gmn tampilinnya supaya bugnya ga keliatan hoho.

  11. halo semua, gw jurusan mene marketing mau nanya pedoman buat kuesioner ada yang tau ga dari buku mana? karena kuesioner gw tentang status sosial ditanya alasannya. seperti penghasilan, umur dan lainnya.

    • Kl utk kuesioner sendiri sich gue ga gitu tau, tapi yg penting itu pertanyaan2 dalam kuesioner harus sesuai dengan apa yang u mau cari, dan harus ada kesimpulan yang nyambung dengan yang u mau buat. misalnya: kl mau bikin sabun aromatheraphy, trus salah satu pertanyaannya itu range umur dari yg ngisi, abis itu kesimpulannya jangan cm bilang: umur 20-25 paling suka pake sabun aromatheraphy, soalnya kl kaya gitu itu cm membaca kuesioner namanya, bukan menyimpulkan. Jd kl bisa tulisnya: umur 20-25 paling suka pake sabun aromatheraphy, JADI… blablabla (misalnya: kami akan membuat produk dengan bergaya anak muda). CMIIW.

      Kl utk buku sendiri mungkin referensinya kalau emang niat baca bisa beli buku2 ini:
      http://www.amazon.co.uk/questionnaires-Books/s?ie=UTF8&rh=n%3A266239%2Ck%3AQuestionnaires&page=1

  12. nanya bro,, kalo programnya pas akhir2 ga jadi gimana?

  13. kalo kasusnya skripsinya ga di perusahaan?

    • kl gue rasa sich itu tergantung u nanti programnya akan dipertanggungjawabkan ke siapa. Kl untuk sidangnya sendiri kan palingan juga cuma demo program kl emang programnya unik. Untuk selesai ga selesainya program itu hrsnya sich emang diselesaiin, tapi selama u waktu sidang program keliatan ga masalah dan secara penulisan juga ok, ya gpp. Cm kl gue bilang tanggung kl uda bikin mending selesaiin, kan ada kebanggaan tersendiri bikin skripsi hoho.

  14. gan,, tiap sidang tuh rata2 durasinya berapa lama?

    • Beda2.. tergantung mood dosen. Kdng bs cm 1/2jam, kadang bs berjam2. Tapi normalnya sich skitar 45menit-1jam.

  15. tadaaa, serem ya, aing tgl 12 juli 2012 besok, doain ya bro

  16. pernah ada kejadian ga perusahaan ditelepon sama binus ?

    • Belum pernah liat langsung sih, tapi dengar-dengar kadang-kadang di-random gitu perusahaan ditelp. Jadi kalau pas lagi nasib kurang beruntung ya uda deh.

      • wew yang telepon orang LIM atau dosennya langsung pas sidang ? terus saya pernah ada masalah kop surat pas KP, katanya kyk palsu gitu, kalo pengumpulan skripsi ada masalah kyk gitu juga ga kak ?

      • Biasanya sih kalau urusan prosedural selalu yang urus itu dari LIM. Saya belum pernah ketemu cerita dosen sidang telp perusahaan waktu lagi sidang sih selama ini wkwk. Pengumpulan skripsi jelas urusan pengecekan bisa lebih parah atau sama dengan pengecekan KP, jadi harus hati-hati dengan urusan prosedural.

  17. ooo gitu ya kak thx deh

  18. bagaimana jika si binus tlp ke perusahaan tanya bnr ga mahasiswa ini magang di situ?trz si perusahaan jawab ga ada,,,kan tidak semua orang di perusahaan tau mengenai magang mahasiswa…thx

    • hmm… bagusnya sih memang kita kasi no telp yang bisa nyambung ke orang yang urusin skripsi kita di perusahaan. Atau setidaknya minta orang yang tau kita skripsi minta bilangin ke bagian resepsionis atau bagian apa yang menerima telp. Tapi tenang saja, kalaupun memang benar-benar perusahaan jawab ga da, tapi sebenarnya kita benar-benar kerja di sana kan ga perlu takut. Pasti kita bisa kasi saksi dan bukti. Kalau perlu bawa orang Binus ke perusahaan biar liat sendiri. Jadi ga usa takut. Yang harus takut itu kalau kita memang curangin perusahaan, ga skripsi di sana tapi bilangnya skripsi di sana. Kl pas kena ya uda deh wkwk.

  19. ane lagi galau gan bikin skripsi, sebenrnya bukan skripsinya tapi programnya, kalo skripsi mgkin lebih ke pinter2 bikin kata2 n nyusun buku, tapi ini juga harus bikin program,,,,,jadi intinya,,,mau nanya apa ya disini? nitip jejak aja deh gan hahahaha

  20. mau nanya dong. untuk program ganda kalo mau ngambil skripsi minimal harus ud ngambil brp sks y? sks total nya 202. makasih,.🙂🙂🙂

    • Wah ini setiap kampus tentunya punya kebijakan sendiri. Coba tanya-tanya ke orang dari jurusan saja. Beberapa kampus juga sudah dipaketkan jadi sudah jelas kapan akan mengambil skripsinya.

  21. Bro mau tanya dong, kalau kita kelupaan naro teori di bab 2, padahal penerapan teorinya kita pake di bab 4 pas sidang ngelesnya apa ya😀

    • Kalau bisa dan ga banyak, coba kasi revisi ke penguji. Mendingan ketahuan salah dari awal daripada nanti malah diincar di tengah sama pengujinya. Tp kl memang mau nekat, coba kata-kata mujarab: “Baik, Pak/Bu. Nanti kami revisi” tapi ini ga jaminan bakal menolong ya.

  22. mau nanya klo hipotesisnya kaya gini semakin bagus penguasaan kosakata siswa semakin bagus pula kemampuan membacanya , bisa nggak di buat Ha sma Ho nya , ini tentang korelasi tpi hipotesisnya kaya gitu

    • hmm.. Sebenarnya bisa saja, tapi penelitiannya agak merepotkan lho, karena kita perlu tahu penguasaan kosakata siswa itu berapa banyak, dan penilaian kemampuan membaca itu parameternya seperti apa. Kalau memang bisa dijelaskan secara ilmiah, menurut saya oke-oke saja.

  23. ada saran buat sidang jurusan ganda? mau sidang beberapa hari lagi nih… deg2an sangat TT

    • hmm.. yang penting skripsi yang dibuat itu bermanfaat dan benar-benar dikuasai. Waktu sidangnya nanti tenang-tenang aja, jangan panik.. kalau panik biasanya dosen penguji makin seneng ngerjain hehe. Sukses ya buat sidangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: