Beli Barang Online di Indonesia.. Gimana Caranya?


Zaman sekarang kan katanya sudah era teknologi, jadinya ada banyak website yang menawarkan sesuatu yang namanya jual-beli online. Nah biar aman dalam belanja online, gimana bagusnya? berikut tips-tipsnya:

1. Ga kaya toko2 di luar negeri, toko2 di Indo itu yg jual online banyak banget yg nipu, jd kl mau beli barang online, kl bisa pilih yg tokonya kalian uda pernah kunjungin, atau yg pernah liat tokonya. Nah sekarang masalahnya gimana kalau tokonya ada di luar kota? Yang pasti kita harus pastikan dulu itu tokonya benar2 ada, paling gampang ya liat testimoni orang yang pernah beli, atau liat di website apakah ada alamat lengkap dari toko itu. Jadi intinya pastiin tokonya itu ada, bukan nipu.

2. kl tokonya uda terjamin, sekarang waktunya pesan produk. Pastiin produknya itu sesuai dengan yang kita mau beli. Soalnya kaya di toko2, ‘barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan’.. atau dalam hal ini kalaupun bisa dikembalikan itu bakal repotnya amit2 dan ngabisin waktu dan duit dsb.

3. kl toko uda ok, produk uda ok, selanjutnya pembayaran. Dalam melakukan pembayaran, sebelumnya harus pastikan dulu toko yang jual itu tahu kalau kita bakal beli barang yang dijual. Caranya ya antara email, atau chatting, atau sms / call, dsb. Apapun dech, yang penting jangan sampai abis kita uda bayar, tahu2 tokonya bilang “ah? beli? kapan? ga da ah”, yah kecuali kalau emang tokonya sudah benar2 terkenal dan sistemnya uda ok dan sangat amat terpercaya.

4. Ikutin langkah2 pembayaran yang ada di website penjual. Di website2 sich kebanyakan akan diminta membuat account dulu biar nanti gampang urusannya. Nah abis itu, di semua website yang untuk jualan online, pasti akan dikasitahu prosedur pembayarannya gimana. Kalau secara internasional sich biasanya lewat paypal, tapi kalau yang Indo biasanya itu dengan transfer bank (kalau transfer bank begini, pastikan ya yang jual tahu kalau kita beli). Abis itu barang harusnya uda siap untuk dikirim.

5. Setelah barangnya sampai, jangan lupa berterimakasih sama yang jual. Caranya kalau ada websitenya ya tulis aja testimoninya, itung2 bantu orang jualan😀

Beressssss dech……

Nah sekarang biar jelasnya gue kasi simulasi tentang gimana beli online:

Misalnya mau beli harddisk eksternal tanpa kita tahu toko apa yang bagus nich… cara gampangnya ya search aja di google tentang produknyaGoogle is your friend

Nah abis itu pilih aja website yg tampil di paling atas (atau mau pilih yg lain juga boleh tapi dalam hal ini gue kasih contoh dengan website yang paling atas *beruntunglah perantara.biz dapat promosi gratis dari gue*). Trus nongol dech page nya.

Tampilan webNahh tinggal pilih mau beli produk yang mana… eits tunggu dulu.. biar lebih aman, kita pastikan dulu tokonya beneran atau jangan2 malah ga beres. liat ke paling bawah, trus klik di link ‘tentang kami’ abis itu scroll lagi ke bagian paling bawah.. apa yang bisa kita liat disini?

yup.. alamat lengkap + telp dll. Dan kalau dibaca dr sejarahnya di atas itu dijelasin secara detail dari tahun berapa sampai sekarang perjuangannya.

Nah sekarang setelah jelas, balik ke page tadi yang kasi liat jenis2 barang yang dijual, trus pilih aja yang mau dibeli. Biasanya website seperti ini, kalau mau beli, harus bikin account dulu biar nanti lebih terkendali. Abis itu ikuti petunjuk2 pembayaran dan.. selesaiiii😀

~ by desmaster on July 31, 2011.

2 Responses to “Beli Barang Online di Indonesia.. Gimana Caranya?”

  1. Thanx ga nice share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: