Koneksi Internetnya Pakai Apa?


Ketika kita bicara tentang internet, seringkali ada pertanyaan yang bunyinya “koneksi internetnya pakai apa?” trus abis itu ada yg jawab “speedy”, “smart”, “fastnet”, dll. Nah Sebenarnya apaan sich itu semua? apa bedanya masing? ayo kita liat2:

Kalau kita liat di Indo beberapa tahun lalu (mungkin 10tahun lalu kali ya? ga itungin juga). Waktu itu di tv ada jingle lagu yang gue masih inget sampai sekarang.. “kosong delapan kosong sembilan delapan sembilan empat kali… telkomnet instant..” wahaha entah uda kemana itu sekarang. Bahkan tadi gue coba buka webnya telkomnet instant itu uda ga da, domainnya uda abis. Lho koq bisa? ya karena yang satu ini pake sistem yang cukup ‘kuno’ di dunia internet. Pake sistem yang namanya Dial-up Internet Access.

Nah sistem yang 1 ini koq dulu bisa laku ya? sebenarnya apa sich keuntungannya dan kerugian kalau pakai yang ini?

– Keuntungan:

* Ini jaringan pelopor untuk internet di Indonesia, sebelum adanya jaringan-jaringan canggih seperti sekarang.

* hmmm lagi mikirin keuntungannya yang lain, tapi ga ketemu wkwk.. ya jd katakanlah ini sebagai histori, pelopor, pionir dari koneksi2 yang lainnya.

– Kerugian (ada buanyakkk sich, tapi cukup sebut 2 aja disini):

* Muuuaaahhhalllll.. soalnya itu kaya kita telepon orang itungannya (atau mungkin bahkan lebih mahal lagi? ga tau juga d).

* lemotttt haha… pada jaman itu ga da yg namanya orang indo buka youtube kayanya. Palingan buat email ato chatting.

Ya sudahlah kita lewati masa lalu, dan kita beralih ke masa sekarang. Yang masih terkenal dan masih dipakai orang banyak itu kalau jaman sekarang adalah model koneksi dari Telkom Speedy (gue termasuk yang pake jenis ini). Ini termasuk ke dalam koneksi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Kenapa disebutnya asymmetric (alias ga sama)? Karena speed download sama speed uploadnya itu beda.. makanya jangan heran kl upload itu pelan kalau pake speedy hehe.

Lalu ada juga yang pakai Modem smart atau huawei atau sejenisnya yang bentuknya kaya colok USB doank. Itu modem 3G. Kalau yang pakai Fastnet, itu pakai jenis Cable.

Trus apa aja kelebihan dan kekurangan masing-masing jaringan ini?

ADSL:

– kelebihan:

* lebih stabil dibandingkan dengan jaringan 3G, soalnya pakai kabel telepon, bukan sinyal yang kaya 3G.

* pasang ADSL itu karena dia dari jaringan telepon, harusnya jaringannya lebih luas dibanding dengan 3G ataupun Cable (untuk Indonesia begitu utk sekarang, kalau di luar negeri kondisinya beda lagi). Contoh aja telkomspeedy.. telkom kan jaringannya ke sebagian besar wilayah Indonesia, jadi harusnya lebih gampang buat pasang dibanding dengan jenis yang lain.

– kekurangan:

* Makin jauh modem kita sama gardu, makin pelan koneksinya.

* Ga bisa dibawa kemana2, kalau dipasang di rumah ya cuma bisa dipakai di rumah.. mau ke luar kota ya ga bisa dibawa

 

3G

– kelebihan:

* mobile.. bisa dibawa kemana2.. ini kelebihan yang paling luar biasa dari modem 3G.

* simple. Tinggal install trus dipake dech, ga perlu setting macem2. ga repot.

– kekurangan:

* sinyalnya kurang ok. Jadi itu sama aja kaya sinyal HP, kadang2 kan bisa naik bisa turun, kl pas di daerah yang sinyalnya susah ya uda dech ga bisa online.

* biasanya speednya lebih lemot dibanding cable atau ADSL, tapi ga tau dech belakangan uda mulai keluar yg speednya lumayan (atau mungkin karena pelayanan speedy yang memburuk? ga ngerti juga dech).

 

CABLE

– kelebihan:

* speednya harusnya paling cepat bila dibandingkan ADSL dan 3G, karena cable ini menggunakan kabel fiber optic, dibanding dengan ADSL yang menggunakan kabel UTP (Unshielded twisted-pair) yang merupakan model yang lebih kuno jadi speednya lebih lama, dan juga sinyal yang dipakai modem 3G yang emang bergantung dari situasi dan tempat. (yah lagian ketauan la dr nama perusahaannya aja uda fastnet wkwkw.. kl speednya pelan jd slownet donk)

* koneksinya juga harusnya stabil, karena pake kabel, bukan pakai sinyal wireless kaya 3G.

– kekurangan:

* kalau di Indo, daerah yang dilewatin fiber optic ini masih terbatas. Coba aja kalau kalian di Jakarta dan tinggalnya bukan di jalan besar, itu uda ga dapat jaringan ini (pengalaman pribadi wkwk).

* [utk fastnet.. gtw kl merek cable yg lain] kalau mau dicabangin lebih dari 1 komputer, settingnya lebih rumit dibandingkan kalau pakai ADSL (speedy).

 

Nah kira2 begitulah bedanya antara 3 jenis yang lagi terkenal sekarang ini. Tapi yang namanya teknologi terus berkembang, sekarang Wi-Max yang harusnya punya speed jauh lebih gila dari cable uda mulai masuk ke Indo. Gimana nanti kelanjutannya? kita liat aja, karena yang namanya ‘masa depan’ di dunia IT itu ga pernah terlalu jauh waktunya.

~ by desmaster on August 7, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: