Membandingkan Marketing on the Web dari 2 Website yang Bersaing


lagi mikirin.. ada 2 website apa yang kira2 enak buat dibandingkan.. tiba2 kepikir ada 2 website yg kadang2 gue buka kalo lagi cari barang. Bhinneka.com & rakitan.com. Mari kita bahas dari sisi e-business sebenarnya seperti apa kedua website ini:

1. Bhinneka.com

– Tampilan yang menarik & penuh warna.

– secara web marketing strategies, dapat kita lihat bahwa bhinneka.com ini lebih ke arah customer-based, dimana begitu buka website, di halaman pertama langsung bisa liat beberapa pilihan yang disediakan untuk jenis customer yang datang kesana. Misalnya utk customer yang memang datang nyari komputer, atau ada customer yang datang buat cari kamera, dsb. Jadi customer ga perlu liat satu2 produk yang ada, tinggal pilih sesuatu kemauan customer.

– utk segmentasinya sendiri dapat kita liat sebagai berikut:
* geographic: penjualannya karena pakai website, brarti bisa worldwide, tapi kalau diliat dari bahasa dan currency-nya sich itu emang buat dijual di Indonesia (hmmm pikir2 jd aneh jg, kl dijual ke indo ngapain bahasanya 1/2 1/2 gitu, ada bagian inggrisnya ada bagian indonya wkkw.. ga konsisten jg kl diliat2). Tapi secara utamanya dapat diliat bahwa mereka membuat sistem jual-beli online, jadi pasarnya bukan cuma Jakarta (biarpun ada tokonya di mangga dua), melainkan jg wilayah Indo yang lainnya.

* demographic: sasaran mereka tentunya lebih ke umur muda dan produktif, karena biasanya yang lebih senior lebih prefer liat langsung produk yang mereka mau beli, dan biasanya kan ga gitu ngerti ttg website,  jg umumnya ga gitu percaya kl jual beli online.

* psychographic: secara social class, target mereka lebih ke arah masyarakat yang menengah ke atas, yang ga mau repot ke toko, sama yang tentunya ngerti dikit2 tentang cara beli barang online.

2. rakitan.com

– Tampilan web yang sangat simple

– secara web marketing strategies, rakitan.com ini lebih ke arah Product-based, dapat dilihat dari bagaimana di website ini mereka menunjukkan segala macam jenis produknya langsung di halaman pertama. Jadi mungkin kategori customer yang datang di sini dikategorikan langsung untuk mencari komponen2 komputer, walaupun memang ada bbrp produk lain yang dijual.

– utk segmentasinya:

* geographic: sama seperti bhinneka.com, website ini tentunya bisa diakses dari mana saja, namun dapat dilihat bahwa website ini tujuan utamanya bukan untuk penjualan online, tapi untuk mengecek harga, dan rakitan.com ini lebih menargetkan kita untuk membeli langsung ke toko mereka. Hal ini ditunjukkan dari website mereka yang memajang alamat toko mereka pada banner website, dan juga menulis jam buka toko mereka.

* demographic: sama seperti bhinneka.com, sasaran mereka lebih ke arah usia produktif yang aktif mencari tau dari internet, dibanding secara konvensional langsung ke toko mereka.

* psychographic: mereka memfokuskan website mereka untuk orang-orang yang sudah mengetahui ingin membeli produk apa dan mencari harga yang cocok, atau orang yang ingin mengecek harga dan mencari data di tempat lain, karena pada website ini tidak disediakan detail tentang produk yang dijual, hanya menampilkan jenis produk beserta harganya.

 

Persamaan & Perbedaan

Setelah kita bahas kedua website itu, sekarang ayo dilihat persamaan dan perbedaannya.

Persamaan:

– Sama2 menjual alat2 elektronik *terutama komputer*

– Sama2 sebagai sumber informasi bagi orang2 yang ingin tau harga produk.

– Sama2 ditujukan untuk usia produktif yang aktif di internet.

 

Perbedaan:

web marketing strategies bhinneka.com lebih ke arah customer based, sedangkan rakitan.com lebih ke arah product based.

– Tujuan utama website bhinneka.com adalah untuk menjual produk online, sedangkan rakitan.com bertujuan lebih ke arah pengecekan harga.

– Pada bhinneka.com terdapat data lengkap tentang produk, mulai dari harga, spesifikasi, sampai ke review customer, sedangkan pada rakitan.com hanya terdapat nama produk dan harga.

– rakitan.net lebih menargetkan customer ke arah orang2 IT atau yang mengerti tentang IT, karena dapat mencari data produk di tempat lain, jadi website hanya fokus pada pengecekan harga, yang mana membuat website dapat diakses dengan jauh lebih cepat, berbeda dengan bhinneka.com

KESIMPULAN

Dalam melakukan marketing dari website itu, kita harus memperhatikan tujuan apa yang kita mau capai, gmn caranya, siapa sasaran kita, dsb. Kita ga bs memuaskan semua orang, jd ya targetin aja ke tujuan kita. Misalnya buat org yg suka tampilan yg bagus, tentunya sukanya bhinneka.com, tapi buat orang kaya gue yg emang niatnya cek harga, lebih enak rakitan.com soalnya prosesnya lebih cepet. Jadi, pilihlah cara yang paling sesuai sama tujuan kalian😀

 

~ by desmaster on September 24, 2011.

2 Responses to “Membandingkan Marketing on the Web dari 2 Website yang Bersaing”

  1. mantaf gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: