Growth Mindset


Teman-teman semua, kali ini (dan mungkin untuk beberapa minggu ke depan) saya akan menulis berbagai macam post tentang manajemen dan juga entrepreneurship. Post-post ini sebenarnya berkaitan dengan kelas online yang saat ini sedang saya ikuti, yaitu kelas T100: Tumbuh 100 Kali dari UCEO (Universitas Ciputra Entrepreneurship Online). Salah satu persyaratannya itu membuat refleksi pembelajaran dengan blog, ya sudah hitung-hitung lumayan meramaikan blog, karena kalau tidak dipaksa sediakan waktu, biasanya malas juga menulis.

Untuk yang belum tahu, saya memang penggemar belajar online. So far, tercatat sudah 19 sertifikat online (data tgl 28 Februari 2014) yang saya dapatkan. Mungkin kelas ini akan jadi kelas yang memberikan saya sertifikat ke-20 atau ke-21 (karena saya juga sudah menyelesaikan 1 kelas online lainnya, tinggal tunggu cukup nilai atau tidak untuk lulus).

Anyway, langsung ke topik kita…

Menjadi seorang entrepreneur tidaklah seperti menjadi satu manager di perusahaan ataupun menjadi karyawan yang mengerjakan ini itu. Ada banyak unsur-unsur penting yang mungkin tidak terlalu penting apabila kita bekerja di pekerjaan lain, tetapi sangat penting apabila kita ingin bertumbuh di bisnis kita sendiri. Salah satu dari unsur tersebut adalah mindset / pola pikir.

Pola pikir orang pada umumnya ada 2, yaitu:

– Fixed mindset

– Growth mindset

Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, kita lihat dulu salah satu video yang di-share di kelas ini:

 

Nah dari video itu kira-kira mungkin kita sudah mengetahui ciri-ciri dari masing-masing mindset. Secara singkat:

Fixed mindset sulit untuk berkembang. Pikirannya stagnan, bisa karena sudah merasa nyaman, ataupun karena merasa sudah tidak mampu berkembang. Jadinya sulit menerima kritik, dan takut gagal.

Growth mindset adalah tipe orang yang terus berkembang. Tidak mudah merasa puas dan tidak hanya diam di kondisi comfort zone. Orang-orang dengan pola pikir ini akan menerima kritikan dengan positif dan berusaha untuk selalu mengembangkan diri.

Lalu bagaimana kita mengubah mindset kita?

Kita harus punya mindset terus bertumbuh. Kita juga harus punya keyakinan kalau kita belajar maka kecerdasan kita akan meningkat.

Selain pembahasan ini, ada pula sharing dari para entrepreneurs. Berikut sedikit kutipan yang saya ingat:

Dr. (HC) Ir. Ciputra ~ CEO Ciputra Business Group

Beliau mengatakan bahwa membuat bisnis itu bisa buat bisnis besar bisa buat bisnis kecil. Kalau kita baru mulai, lebih baik dimulai dari bisnis kecil terlebih dahulu. Lalu kita bisa juga scale up bisnis kita dengan cara diversifikasi, setelah itu memperbesar bisnis kita.

Dr. (HC) Dahlan Iskan ~ Menteri BUMN

Beliau mengatakan bahwa kita harus “sungguh-sungguh yang benar-benar sungguh-sungguh”. Contoh yang diberikan adalah dirinya sendiri ketika berumur 28-38 tahun. Pada saat itu, beliau bekerja lebih dari 16 jam per hari, tidur hanya 3-4 jam per hari, dan tidak pernah ada istirahat bahkan hari Sabtu dan Minggu sekalipun.

Beliau juga mengatakan walaupun pernah menjabat kepala BUMN dan sekarang sedang menjadi menteri, tapi tetap beliau lebih menikmati ketika menjadi pengusaha.

Sudhamek ~ Komisaris Garuda Food Group

Analogi yang digunakan bpk. Sudhamek yaitu membuat bisnis itu seperti mendorong mobil. Ketika kita mendorong mobil, awalnya berat, akan tetapi makin lama akan terasa makin ringan.

Hal lain yang disampaikan adalah apakah suatu bisnis itu bisa berjalan atau tidak tergantung dari apakah kita dapat menjual atau tidak.

Sandiaga Uno ~ Pendiri PT Saratoga Investama Sedaya

Beliau menganalogikan start up seperti orang yang nyemplung ke air, lalu berusaha bagaimanapun caranya agar bisa bertahan hidup. Akan tetapi untuk scale up, kita tidak bisa hanya bergerak sembarangan, tetapi perlu belajar pola-polanya, seperti bagaimana caranya berenang.

Beliau juga menyatakan ada 3 kunci dalam scale up. Bisa dilihat di gambar berikut:

T100 A New Mindset For Scaling Up - Sandiaga Uno.mp4_snapshot_04.53_[2014.02.26_17.33.06]

 

Demikian post saya kali ini. Semoga bermanfaat.

 

 

 

~ by desmaster on February 28, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: