Agen Perubahan – Suatu Mimpi


Pada suatu mimpi…

Saya dan 2 orang teman sedang berlibur ke satu negara di Amerika Selatan. Siang hari ketika sedang makan es, kami lihat ada remaja lokal yang menjambret tas dari satu ibu hamil. Kami menangkap orang itu, tapi sadar bahwa di negara tersebut tidak ada hukum yang kuat untuk menahan anak di bawah umur. Jadilah kami menyuruhnya membuat surat pernyataan tidak akan melakukan hal itu lagi, walaupun dalam hati sudah tahu tidak berguna.

Setelah itu kami pergi ke kantor polisi. Saya lapor ke kepala polisi yang jabatannya sangat tinggi. Pembicaraannya kira-kira seperti ini:

“Pak, keamanan harus terjamin dong, itu sangat penting untuk warga.”

“Kami sibuk, apalagi dengan festival yang sedang berlangsung. Banyak hal teknis yang harus kami kerjakan untuk acara, bukan hanya keamanan.”

Lho, di negara kami, pekerjaan-pekerjaan teknis itu diserahkan ke mahasiswa saja. Buat apa polisi urusin pekerjaan yang tidak nyambung? Jumlah polisi kan terbatas, mana bisa urus semua.”

Ia terdiam. Saya lalu melanjutkan…

“Saya ngerti sistem yang ada itu memang seperti sekarang. Untuk bisa merubah ini, memang dibutuhkan agen perubahan. Kita harus berani melakukan sesuatu yang berbeda, jangan hanya ikut-ikut aja.”

Polisi itu berpikir dengan serius. Saya mengerti bahwa ia memikirkan bahayanya menjadi orang yang berbeda.

“Jangan takut untuk melakukan sesuatu yang benar. Di negara saya pun orang yang melakukan perubahan seringkali menjalani hidup yang berbahaya, bahkan banyak yang kehilangan nyawa. Tapi jangan takut! Kalaupun Bapak nanti mati karena membela hal yang benar, itu adalah mati demi perjuangan. Bapak akan melakukan perubahan. Apalagi sebagai prajurit, adalah satu kebanggaan bisa gugur membela apa yang diyakini. Bila Bapak gugur, ide yang Bapak perjuangkan akan diteruskan oleh orang-orang lain…”

akhir dari mimpi

12 September 2016 pagi

~ by desmaster on September 12, 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: